Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Langkah Survei Pasar Perancangan Produk Alat Bantu Multifungsi bagi Penderita Tunadaksa

Authors
  • Nora L. Rida Nasution Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Richo Giwana Resdy Maulana Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Sayidina Panjaitan Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Utari Noor Afifah Panggabean Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Issue       Vol 3 No 2 (2020): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v3i2.1100
Keywords: Tunadaksa Alat Bantu Multifungsi bagi Penderita Tunadaksa Pemasaran Kuesioner
Published 2020-11-30

Abstract

Pemasaran adalah “bagaimana memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan cara yang menguntungkan baik bagi konsumen maupun bagi produsen”. Jadi Pemasaran menyangkut semua usaha menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan pelanggan yang menguntungkan. Pemasaran dimulai dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, memutuskan tujuan pemasaran yang dapat dilayani organisasi dengan baik dan mengembangkan proposisi nilai. Bagi produsen, keuntungannya adalah laba yang optimal untuk kelangsungan perusahaan sertapencapaian tujuan perusahaan lainnya. Sedangkan bagi konsumen, keuntungantersebut berupa kepuasan atas terpenuhinya kebutuhan dan keinginan mereka. Riset pemasaran adalah kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data, pengolahan data dan interpretasi hasil penelitian. Kesemuanya itu ditujukan untuk masukan bagi pihak manajemen dalam rangka identifikasi masalah dan pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Hasil riset pemasaran ini dapat dipakai untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut peluang pasar. Kuesioner merupakan sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden dalam arti laporan tentang probadinya, atau hal-hal yang ia ketahui. Pada penelitian, penggunaan kuesioner merupakan hal yang sangat pokok dalam pengumpulan data. Tujuan pokok pembuatan kuesioner untuk memperoleh informasi yang relevan dengan tujuan survei dengan cara mengisi pertanyaan yang diajukan oleh peneliti terhadap responden yang dipilih.

 

Marketing is "how to meet the needs and desires of consumers in ways that benefit both consumers and producers". So Marketing concerns all businesses creating value for customers and building profitable customer relationships. Marketing begins by meeting the needs and desires of consumers, deciding marketing objectives that can be served by an organization well and developing value propositions. For producers, the advantage is optimal profit for the survival of the company and the achievement of other company goals. As for consumers, the advantage is in the form of satisfaction with the fulfillment of their needs and desires. Marketing research is a research activity in the field of marketing which is carried out systematically starting from the formulation of the problem, research objectives, data collection, data processing and interpretation of research results. All of these are intended to provide input for management in order to identify problems and make decisions for problem solving. The results of this marketing research can be used to formulate marketing strategies in seizing market opportunities. The questionnaire is a number of written questions that are used to obtain information from the respondent in the sense of the report about the problem, or the things that he knows. In research, the use of questionnaires is very important in collecting data. The main purpose of making a questionnaire is to obtain information relevant to the purpose of the survey by filling in the questions raised by the researcher with the selected respondents.