Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Langkah Brainstorming Perancangan Produk Alat Bantu Multifungsi bagi Penderita Tunadaksa

Authors
  • Nora L. Rida Nasution Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Richo Giwana Resdy Maulana Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Sayidina Panjaitan Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Utari Noor Afifah Panggabean Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Issue       Vol 3 No 2 (2020): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v3i2.1099
Keywords: Tunadaksa Alat Bantu Multifungsi bagi Penderita Tunadaksa Brainstorming Kelompok Peta Pikiran Desain ulang
Published 2020-11-30

Abstract

Brainstorming merupakan sebuah metode yang digunakan untuk menghasilkan ide-ide kebanyakan ide-ide tersebut akan dibuang. Tetapi mungkin ada beberapa ide yang telah dikenali sebagai suatu kemajuan yang berharga dan akan dipilih. Brainstorming ini biasanya terbentuk dari sebuah kelompok yang terdiri dari 4-8 orang dengan 1 orang yang memimpin aktivitas brainstorming. Ide dan gagasan dari setiap angota kelompok diringkas dengan menggunakan mind map. Mind Map (pemetaan pikiran) adalah yaitu suatu metode untuk memaksimalkan potensi pikiran manusia dengan menggunaka otak kanan dan otak kiri secara simultan. Sehingga dengan Mind Map, daftar informasi yang panjang bisa dialihkan menjadi diagram warna-warni, sangat teratur dan mudah diingat yang bekerja selaras dengan cara kerja alami otak dalam melakukan berbagai hal.Desain ulang produk yang dibuat dalam penelitian ini adalah alat bantu multifungsi bagi penderita tunadaksa. Produk ini ditujukan bagi para penderita tunadaksa bagian atas. Para penderita tunadaksa harus dibantu oleh orang lain untuk makan maupun minum. Oleh karena permasalahan tersebut, perlu adanya suatu alat yang dapat membantu para penderita tunadaksa. Alat bantu multifungsi ini merupakan alat bantu yang digunakan para penderita tunadaksa agar dapat makan, minum secara mandiri ditambah dapat pula melakukan aktivitas-aktivitas kecil di atas meja secara mandiri.

 

Brainstorming is a method used to generate ideas that most ideas will be discarded. But maybe there are some ideas that have been recognized as valuable progress and will be chosen. Brainstorming is usually formed from a group of 4-8 people with 1 person leading the brainstorming activity. The ideas and ideas from each group member are summarized using mind maps. Mind Map (mind mapping) is a method to maximize the potential of the human mind by using the right brain and left brain simultaneously. So with the Mind Map, a long list of information can be transferred into colorful, highly organized and easy-to-remember diagrams that work in harmony with the brain's natural way of doing things. The product redesign created in this study is a multifunctional tool for people with disabilities . This product is intended for people with high physical disabilities. People with physical impairment must be helped by others to eat or drink. Because of these problems, there needs to be a tool that can help people with disabilities. This multifunctional tool is a tool used by people with disabilities to be able to eat, drink independently plus can also do small activities on the table independently.