Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Perancangan dan Pengembangan Produk: Survei Pasar terhadap Produk Infus Reminder

Authors
  • Afif Listiya Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Deswan Rahmat Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Brysa Sinaga Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Rizal Marcius Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Issue       Vol 3 No 2 (2020): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v3i2.1096
Keywords: Infus Reminder Survei Pasar Kuesioner Uji Validitas Uji Reabilitas
Published 2020-11-30

Abstract

Pemasaran dimulai dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, memutuskan tujuan pemasaran yang dapat dilayani organisasi dengan baik dan mengembangkan proposisi nilai. Bagi produsen, keuntungannya adalah laba yang optimal untuk kelangsungan perusahaan serta pencapaian tujuan perusahaan lainnya. Sedangkan bagi konsumen, keuntungan tersebut berupa kepuasan atas terpenuhinya kebutuhan dan keinginan mereka. Metode survei pada umumnya menggunakan instrumen kuisioner yang diisi oleh para responden dari objek penelitian yang ditetapkan dengan metode tertentu. Pengisian kuisioner dilakukan dengan atau tanpa bantuan surveyor tergantung kebutuhannya. Survei pasar dilakukan dengan metode penyebaran kuisioner. Survei pasar dilakukan di Rumah Sakit Umum Royal Prima Medan, Sumatera Utara. Sebelum membuat kuisioner, hal yang harus dilakukan adalah menentukan ukuran sampel. Metode sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Dalam simple random sampling, setiap elemen dari populasi mempunyai kesempatan atau peluang yang sama untuk terpilih menjadi anggota sampel. Jumlah anggota populasi yang menjadi penelitian adalah 32 orang. Dengan jumlah populasi sebanyak 32 data dan tingkat kepercayaan 5%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 30. Kemudian dilakukan uji validitas dan reabilitas untuk menentukan peta posisi produk. Peta posisi produk merupakan alat untuk melihat atau mengetahui posisi produk di mata konsumen. Untuk posisi produk dari masing-masing kriteria di mata konsumen adalah produk Infus Reminder Kelompok V berada pada kuadran B (Kuadran II), produk pesaing I berada pada kuadran C (Kuadran III), produk pesaing II berada pada kuadran C (Kuadran III) dan produk pesaing III berada pada kuadran C (Kuadran III).

 

Marketing starts with meeting the needs and desires of consumers, decides marketing objectives that can be served by an organization well and develops a value proposition. For producers, the advantage is optimal profit for the survival of the company and the achievement of other company goals. As for consumers, the advantage is in the form of satisfaction with the fulfillment of their needs and desires. The survey method generally uses a questionnaire instrument that is filled in by respondents from the research object determined by a particular method. The completion of the questionnaire was done with or without the help of the surveyors depending on their needs. Market surveys are carried out using the questionnaire distribution method. The market survey was conducted at the Royal Prima General Hospital, Medan, North Sumatra. Before making a questionnaire, the thing to do is determine the sample size. The sampling method used is simple random sampling. In simple random sampling, each element of the population has the same opportunity or opportunity to be elected as a sample member. The number of members of the population that became the study was 32 people. With a population of 32 data and a 5% confidence level, a total sample of 30 is obtained. Then a validity and reliability test is performed to determine the product position map. Product position map is a tool to see or find out the position of the product in the eyes of consumers.