Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Survei Pasar Produk POCHADE Sebagai Alat Transportasi Buang Air Besar Bagi Penyandang Kaki Lumpuh

Authors
  • Muharram Matondang Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Nadilah Sary Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Theo Benneditson Gultom Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Yesticka Sebayang Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Issue       Vol 3 No 2 (2020): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v3i2.1095
Keywords: Penelitian Survei Kuesioner Validitas Reliabilitas Simple Random Sampling Segmentasi Pasar
Published 2020-11-30

Abstract

POCHADE merupakan produk inovasi, yang dibuat sebagai alat bantu transportasi buang air besar bagi penyandang kaki lumpuh. Agar produk POCHADE dapat bersaing dengan produk yang sejenis, maka perlu dilakukan peningkatan kualitas produk. Dalam meningkatkan kualitas dan daya tarik pada produk POCHADE sebagai alat transportasi buang air besar bagi penyandang kaki lumpuh diperlukan survei pasar. Ini dilakukan untuk membantu perancangan produk POCHADE yang sesuai dengan permintaan dan kebutuhan pasar saat ini. [10]Penelitian survei ialah suatu penyelidikan yang dilakukan untuk memperoleh fakta-fakta dari gejala yang ada dan mencari keterangan secara faktual untuk mendapatkan kebenaran. [1]Segmentasi pasar adalah suatu usaha untuk mengelompokkan konsumen dalam beberapa kelompok yang secara relatif orang-orangnya cukup homogen. Segmentasi pasar dibagi atas empat kategori besar yaitu: geografis, demografis, psikologi dan prilaku atau tingkah laku. Dalam melakukan segmentasi tersebut merupakan suatu keharusan dan untuk itu dilakukan strategi khusus pula dalam melakukan pendekatan kepada masing-masing segmen pasar yang dijadikan target pasar. Metode survei pada umumnya menggunakan kuesioner (questionnaire) yang diisi oleh para responden dan objek penelitian yang ditetapkan dengan metode tertentu. Metode pengumpulan data dan informasi dalam survei juga sering menggunakan teknik wawancara baik dalam jarak dekat maupun jarak jauh. [1]Sampling adalah metode pengumpulan data yang sangat populer karena manfaatnya yang demikian besar dalam penghematan sumber daya waktu dan biaya dalam kegiatan pengumpulan data. Metode sampling yang digunakan ialah simple random sampling. Dalam  simple random  sampling,  setiap  elemen  dari  populasi  mempunyai  kesempatan  atau peluang yang sama untuk terpilih menjadi anggota sampel. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan rumus Harry  King, ditemukan bahwa jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 30 responden. Pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner terbuka dan tertutup. Segmentasi pasar ditentukan berdasarkan geografis, demografis, dan psikografis. Hasil dari pengumpulan data kuesioner selanjutnya dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas dengan menggunakan Software SPSS dan perhitungan manual.

 

POCHADE is an innovative product, which is made as a means of defecating transportation for paralyzed leg rollers. So that POCHADE products can compete with similar products, it is necessary to improve product quality. In order to improve the quality and attractiveness of POCHADE products as a means of defecating for paralyzed legs, a market survey is needed. This was done to help design POCHADE products that match current market demands and needs. [10] Survey research is an investigation carried out to obtain facts from symptoms that exist and look for facts factually to get the truth. [1] Market segmentation is an attempt to classify consumers into groups with relatively homogeneous people. Market segmentation is divided into four broad categories namely: geographical, demographic, psychological and behavioural or behaviour. In doing such segmentation it is a must and for that purpose a special strategy is also carried out in approaching each market segment that is used as the target market. Survey methods generally use questionnaires (questionnaires) filled out by respondents and research objects determined by certain methods. The methods of collecting data and information in surveys also often use interview techniques both at close range and long distance. [1] Sampling is a very popular method of data collection because of its enormous benefits in saving time and money in data collection activities. The sampling method used is simple random sampling. In simple random sampling, each element of the population has the same opportunity or opportunity to be elected as a sample member. The number of samples was determined based on the Harry King formula, it was found that the number of samples used in the study were 30 respondents. Data is collected by distributing open and closed questionnaires. Market segmentation is determined by geographical, demographic, and psychographic. The results of the questionnaire data collection were then tested for validity and reliability using SPSS Software and manual calculations.