Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Perancangan Stetoskop Wireless dengan Metode Survei Pasar

Authors
  • Dewi Kartika Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Kukuh Adhiyaksa Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • FatihahUlfa Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Nurmai Widianti Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Issue       Vol 3 No 2 (2020): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v3i2.1091
Keywords: Atribut Stetoskop Uji Validitas Uji Reliabilitas
Published 2020-11-30

Abstract

Dalam merancang suatu produk dibutuhkan survei pasar untuk mengetahui keinginan pelanggan sehingga terciptalah strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan pemasaran produk. Untuk mendapatkan data peluang pasar dapat dilakukan melalui segmentasi, targetting, possitioning. Saat ingin memulai strategi pemasaran dilakukanlah segmentasi. Kegiatan survei pasar terdiri dari segmentasi, targetting, dan possitioning. Untuk mengetahui apa yang diinginkan konsumen dapat dilakukan pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuisioner terbuka dan hasil dari kuisioner terbuka dijadikan kuisioner tertutup yang disebarkan kembali. Kemudian hasil dari kuisioner dapat diolah melalui metode pengujian, dimana ada dua pengujian yang dilakukan yaitu pengujian validitas dan juga pengujian reliabilitas. Pada penelitian ini dilakukan perancangan stetoskop wireless. Untuk mengetahui seperti apa permintaan pasar saat ini untuk stetoskop dilakukanlah penyebaran kuisioner kepada para perawat di Yayasan Rumah Sakit Sembiring yang berada di Jalan Besar NO. 77 Delitua kecamatan Deli Tua Timur Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Hasil dari kuisioner di uji dengan uji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui motif stetoskop yang diinginkan pasar dan berkualitas, sehingga terciptalah stetoskop wireless yang dapat bersaing di pasar. Uji validitas dilakukan agar kita mengetahui seberapa jauh nilai hasil dari pengamatan yang kita lakukan. Uji validitas bertujuan untuk menghindari pertanyaan yang kurang jelas menurut persepsi responden, menambah atribut stetoskop wireless yang diperlukan atau meniadakan atribut stetoskop wireless yang dianggap tidak relevan setelah diketahui hasil uji validitas, Suatu tingkatan instrumen yang hasilnya akan sama saja jika terus berulang dipakai pada populasi dengan situasi yang berbeda-beda dinamakan uji reliabilitas.

 

In designing a product, a market survey is needed to determine customer desires so that the right marketing strategy is created to improve product marketing. To obtain market opportunity data, it can be done through segmentation, targetting, possitioning. When you want to start a marketing strategy, segmentation is carried out. Market survey activities consist of segmentation, targetting, and possitioning. To find out what consumers want, data collection can be done by distributing open questionnaires and the results of open questionnaires are used as closed questionnaires that are distributed again. Then the results of the questionnaire can be processed through the testing method, where there are two tests carried out, namely testing the validity and also testing the reliability. In this study, a wireless stethoscope was designed. To find out what the current market demand for stethoscopes was like, questionnaires were distributed to nurses at the Sembiring Hospital Foundation which is on Jalan Besar NO. 77 Delitua, Deli Tua Timur sub-district, Deli Serdang Regency, North Sumatra. The results of the questionnaire were tested with validity and reliability tests to determine the stethoscope motif the market wanted and had quality, so that a wireless stethoscope was created that could compete in the market. The validity test is carried out so that we know how far the value of the results of the observations we make is. The validity test aims to avoid questions that are unclear according to respondents' perceptions, add the required attributes of the wireless stethoscope or negate the attributes of the wireless stethoscope which are considered irrelevant after the validity test results are known, a level of instrument whose results will be the same if it is repeatedly used in populations with situations different things are called reliability tests.