Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Perancangan dan Pengembangan Produk dari Syringe Pen dengan Survei Pasar

Authors
  • Clement Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Santica Luhur Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Maulidia Cozia Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Mhd. Andre Septian Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Issue       Vol 3 No 2 (2020): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v3i2.1087
Keywords: Syringe Pen Survey Pasar Kuesioner
Published 2020-11-30

Abstract

Penelitian survei adalah untuk mendapatkan fakta-fakta dari gejala yang ada dan mencari kebenaran suatu kebenaran secara faktual. Suatu upaya untuk memasarkan suatu produk disebut strategi pemasaran. Produk yang ada dapat berupa barang ataupun jasa. Dalam strategi pemasaran dapat digunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi. Strategi pemasaran juga dapat diartikan upaya yang dilakukan suatu perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu. Survei pasar bertujuan untuk mengetahui minat dan kebutuhan konsumen pada suatu produk yang akan dibuat. Pada survei pasar ini, dilakukan survei untuk melihat minat dan kebutuhan konsumen pada alat yang akan dirancang yaitu Syringe Pen. Hal yang dilakukan pertama adalah menentukan segmentasi pasar, menentukan target pasar, dan penempatan pasar. Dalam survei pasar untuk mengembangkan produk syringe pen dilakukan penyebaran kuesioner. Jumlah responden yang diambil ditentukan berdasarkan metode sampling. Motede yang digunakan yaitu motode probability sampling dengan teknik sampling yaitu simple random sampling, dalam simple random sampling yaitu elemen yang terdapat dalam populasi dapat memilki peluang untuk terpilih menjadi anggota sampel karena memiliki peluang yang sama untuk setiap elemen. Penentuan jumlah sampel menggunakan Konsep Krejcie dan Morgan. Survei pasar dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner terbuka terlebih dahulu kepada konsumen. Setelah penyebaran kuesioner terbuka, dilanjutkan dengan penyebaran kuesioner tertutup. Penyebaran kuesioner yang dilakukan adalah berlokasi di salah satu rumah sakit besar yang ada di Medan. Jawaban-jawaban dari penyebaran kuesioner tersebut akan dibuat rekapan modus dimana rekapan modus tersebut yang akan dijadikan sebagai panutan dalam merancang alat Syringe Pen. Selanjutnya membandingkan produk yang akan dibuat dengan produk dari pada pesaing apakah produk yang akan dibuat lebih baik dari pada produk pesaing yang telah ada.

 

Survey research is to get the fact that exist and find the truth of the factually. An attempt to market a product is called a marketing strategy. Existing products can be goods or services. In a marketing strategy a certain plan and tactic pattern can be used so that the number of sales becomes higher. Marketing strategies can also be interpreted as an effort made by a company to achieve certain goals. Market survey aims to determine the interests and needs of consumers in a product that will be made. In this market survey, a survey was conducted to see the interests and needs of consumers on the tool to be designed, the Syringe Pen. The first thing to do is to determine market segmentation, determine the target market, and market placement. In a market survey to develop syringe pen products, questionnaires were distributed. The number of respondents taken was determined based on the sampling method. The method used is the method of probability sampling with a sampling technique that is simple random sampling, in simple random sampling that is the elements contained in the population can have the opportunity to be elected as sample members because they have the same opportunity for each element. Determination of the number of samples using the Krejcie and Morgan Concepts. Market surveys are conducted by first distributing open questionnaires to consumers. After the distribution of open questionnaires, proceed with the distribution of closed questionnaires. The questionnaire distributed was located in one of the large hospitals in Medan. The answers from the distribution of the questionnaire will be made a mode recap where the mode recap will be used as a role model in designing the Syringe Pen tool. Next compare the products to be made with products from competitors whether the product to be made is better than existing competing products.