Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Survei Pasar Terhadap Produk Mouth Mirror Multifungsi di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Sumatera Utara

Authors
  • Fernie Olivia Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Tati Pakpahan Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Josua Andrian Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Syafiq Alhadi Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Issue       Vol 3 No 2 (2020): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v3i2.1086
Keywords: Mouth Mirror Multifungsi Survei Pasar Peta Posisi Produk
Published 2020-11-30

Abstract

Survei pasar adalah proses identifikasi, pengumpulan, analisis, diseminasi, serta penggunaan informasi secara sistematik dan obyektif untuk membantu manajemen membuat keputusan yang berhubungan dengan identifikasi dan penyelesaian masalah (dan peluang) dalam bidang pemasaran. Perusahaan perlu melakukan survei pasar saat akan memulaiusaha baru, memperkenalkan produk baru dan untuk mempertahankan usaha yang sudah ada. Survei pasar juga menghindarkan perusahaan dari risiko produk tidak laku. Sebuah survei pasar harus mempunyai tujuan yang jelas sehingga fokus kepada hal-hal yang harus dicari. dalam penelitian berjenis survei terdapat seorang peneliti yang menyebarkan kuesioner yang standar kepada sekelompok responden yang diambil secara sampel. Kuesioner-kuesioner tersebut mungkin membutuhkan keterangan langsung dari peneliti atau dapat juga diselesaikan secara mandiri, maksudnya adalah saat peneliti memberi kuesioner kepada responden, semua informasi yang dibutuhkan dalam mengisi kuesioner telah disediakan sehingga responden tidak perlu meminta arahan dari peneliti. Penelitian survei adalah sebuah metodologi yang berguna yang memungkinkan peneliti untuk dapat melakukan kontrol terhadap pengukuran karena penelitilah yang melakukan kontrol terhadap pengukuran karena penelitilah yang menyusun pertanyaan dan tiap responden menerima pertanyaan dalam format yang sama. Selanjutnya, survei mandiri juga memampukan peneliti untuk mengambil sampel dalam jumlah yang sangat besar.

 

Market survey is the process of identifying, collecting, analyzing, disseminating, and using information systematically and objectively to help management make decisions relating to the identification and resolution of problems (and opportunities) in the marketing field. Companies need to conduct a market survey when starting a new business, introducing new products and maintaining existing businesses. Market surveys also prevent companies from risking unsold products. A market survey must have clear objectives so focus on the things to look for. in the type of survey research there is a researcher who distributes a standardized questionnaire to a group of respondents taken by sample. The questionnaires may require direct information from researchers or can also be completed independently, meaning that when researchers give questionnaires to respondents, all the information needed in filling out the questionnaire has been provided so that respondents do not need to ask for direction from researchers. Survey research is a useful methodology that allows researchers to be able to exercise control over measurements because it is the researcher who controls the measurements because the researchers compile the questions and each respondent accepts the questions in the same format. Furthermore, an independent survey also allows researchers to take very large samples.