Survei Pasar terhadap Produk Tongkat (Walker) Duduk Bagi Lansia
Authors | ||
Issue | Vol 3 No 2 (2020): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) | |
Section | Articles | |
Section |
Copyright (c) 2020 Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License. |
|
Galley | ||
DOI: | https://doi.org/10.32734/ee.v3i2.1080 | |
Keywords: | Survei Pasar Kuesioner Reabilitas Validitas | |
Published | 2020-11-30 |
Abstract
Survei merupakan alternatif metode komunikasi dengan mengajukan pertanyaan pada responden dan merekam jawabannya untuk dianalisis lebih lanjut. Permasalahan dalam teknik survei lebih terkait dengan pembuatan kuesionernya karena berhubungan langsung dengan daya tanggap responden. Pengambilan data yang dilakukan adalah dengan metode sampling, dimana pengumpulan data yang hanya mengambil sebagian elemen populasi atau karateristik yang ada dalam populasi. Dan metode sampling yang digunakan adalah metode probability sampling dengan teknik sampling yaitu simple random sampling yaitu cara pengambilan sampel dengan semua objek atau elemen populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai sampel. Sedangkan untuk penentuan jumlah sampel menggunakan metode Harry King dan dari hasil perhitungan diperoleh jumlah sampel sebanyak 30 responden dari sebanyak 33 orang di dalam populasi. Langkah yang dilakukan selanjutnya adalah membuat kuesioner. Kuesioner merupakan sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden dalam arti laporan tentang pribadinya, atau hal-hal yang ia ketahui. Kuisioner yang digunakan yaitu kuesioner terbuka dan kuisioner tertutup. Kuisioner tersebut berguna untuk menentukan karakteristik produk yang diharapkan oleh konsumen. Hasil pengujian validitas dan uji reabilitas data kusioner baik secara manual maupun dengan software SPSS didapatkan hasil yang sama bahwa seluruh data valid dan reliabel. Pada peta posisi produk, Walker berada pada kuadran B, produk pesaing I berada pada kuadran D, produk pesaing II berada pada kuadran A dan produk pesaing III berada pada kuadran C.
Surveys are an alternative method of communication by asking questions to respondents and recording their answers for further analysis. Problems in the survey technique are more related to making the questionnaire because it is directly related to respondent responsiveness. Data retrieval is done by sampling method, where data collection that only takes a portion of the population or characteristics of the population. And the sampling method used is the probability sampling method with a sampling technique that is simple random sampling which is a way of taking samples with all objects or elements of the population have the same opportunity to be selected as a sample. As for determining the number of samples using the Harry King method and from the calculation results obtained a sample size of 30 respondents from as many as 33 people in the population.The next step is to make a questionnaire. The questionnaire is a number of written questions that are used to obtain information from the respondent in the sense of a report about his personality, or things he knows. The questionnaire used was open questionnaire and closed questionnaire. The questionnaire is useful for determining product characteristics expected by consumers. The results of testing the validity and reliability testing of the data both manually and with SPSS software obtained the same results that all data are valid and reliable. On the product position map, Walker is in quadrant B, competitor product I is in quadrant D, competitor product II is in quadrant A and competitor product III is in quadrant C.