Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Penerapan Metode Survei Pasar Pada Proses Perakitan Alat Inhaler Two In One

Authors
  • Johanes Sirait Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Lina Sari Siregar Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Tabitha Cassia Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Sabrina Farhanah Silalahi Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Issue       Vol 3 No 2 (2020): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v3i2.1077
Keywords: Survei Pasar Inhaler Two In One Software SPSS Teknik Sampling Kuesioner
Published 2020-11-30

Abstract

Survei pasar adalah suatu kegiatan yang sistematik dan mempunyai tujuan hal mengidentifikasi masalah, peluang, pengumpulan data, pengolahan data, penganalisaan data, penyebaran informasi yang bermanfaat untuk membantu manajemen dalam rangka pengambilan keputusan identifikasi dan solusi yang efektif – efisien di dalam bidang perusahaan. Inhaler Two In One adalah alat pereda yang digunakan untuk membantu penggunanya dalam mengurangi rasa sesak nafas dan nyeri kepala. Perbedaan Inhaler Two In One dengan alat pereda yang lainnya adalah Inhaler Two In One memiliki dua fungsi dalam satu alat sehingga penggunanya akan lebih mudah untuk mendapatkan alat pereda dalam satu alat. Melakukan survei pasar dengan membuat dan menyebarkan kuesioner terbuka dan tertutup agar menentukan jenis produk yang diinginkan oleh konsumen menggunakan Teknik Sampling yang dilakukan di BP 4 Ringroad. Kemudian menentukan uji reabilitas dan validitas dari produk utama terhadap 3 produk pesaing. Menggunakan metode teknik sampling sebagai pengumpulan data dan menggunakan software SPSS sebagai perbandingan pengolahan secara manual dan penggunaan software, dan menentukan rangking produk yang telah didapatkan dari pilihan para konsumen. Melakukan analisis peta posisi menggunakan kuadran bertujuan untuk mendapatkan posisi atribut produk.

 

Market survey is a systematic activity and has the objective of identifying problems, opportunities, data collection, data processing, data analysis, dissemination of useful information to assist management in making decisions, identifying and effective - efficient solutions in the corporate sector. Two In One Inhaler is a reliever device used to help users reduce the feeling of shortness of breath and headaches. The difference between the Two In One Inhaler and other relievers is that the Two In One Inhaler has two functions in one tool so that users will find it easier to get the reliever tool in one tool. Conducting a market survey by creating and distributing open and closed questionnaires in order to determine the type of product desired by consumers using the Sampling Technique conducted at BP 4 Ringroad. Then determine the reliability and validity test of the main product against 3 competing products. Using the sampling technique method as data collection and using SPSS software as a comparison of manual processing and software use, and determining the rankings of products that have been obtained from consumer choices. Performing a position map analysis using quadrants aims to get the position of the product attributes.