Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Survei Pasar pada Desain Produk dari Sterilized Cotton Storage

Authors
  • Jansen Stanlie Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Annisa Rahma Lubis Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Erlawan S. Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Juliantonius K. N. Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Issue       Vol 3 No 2 (2020): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v3i2.1065
Keywords: Sterilized Cotton Storage Survei Pasar Teknik Sampling
Published 2020-11-30

Abstract

Pemasaran yang baik tentang bagaimana barang atau jasa hasil produksi dapat dikenal dan dibeli oleh masyarakat, dan pemasaran yang tepat itu bukanlah kebetulan, melainkan hasil dari eksekusi dan perencanaan yang  cermat.  Praktik  Pemasaran  harus  terus-menerus  ditingkatkan  dan  diperbaharui,  hal  ini  tentunya  tidak terlepas  dari  kebutuhan  dan  keinginan  konsumen  tersebut.  Perusahaan  untuk  mencapai  pemasaran  yang  baik tentunya  harus  merencanakan  produk  dan  jasa  terlebih  dahulu,  menentukan  harga, melakukan survei pasar ,mempromosikan  dan mendistribusikan barang dan jasa pada konsumen pada akhirnya. Maka dari itu, Peneliti melakukan survey pasar pada produk Sterilized Cotton Storages agar didapat produk yang sesuai dengan keinginan konsumen dan menenuhi keiginan pasar, dengan melakukan segmentasi, targeting, posisioting yang kemudian didapat lokasi di Rumah sakit gigi dan mulut Universitas Sumatera Utara dengan  umur responden sekitar 20-30 tahun, serta tingkat ekonomi menengah. Teknik sampling yang digunakan ialah  teknik probability yaitu dengan metode simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak 32 orang responden yang didapat dari hasil perhitungan Krisjie Morgan . Hasil dari penyebaran kuesioner tersebut diukur dan memperoleh hasil yang valid dan reliable. Dengan bantuan software SPSS, Peta posisi produk Sterilized Cotton Storages  terletak pada kuadran B, artinya produk Sterilized Cotton Storages memiliki atribut yang diinginkan oleh pelanggan yang dapat memuaskan keinginan pelanggan.

 

Good marketing of how goods or services produced can be known and bought by the public, and proper marketing is not accidental, but the result of careful execution and planning. Marketing practices must be constantly improved and renewed, this is certainly inseparable from the needs and desires of these consumers. Companies to achieve good marketing must of course plan products and services in advance, determine prices, conduct market surveys, promote and distribute goods and services to consumers in the end. Therefore, the researcher conducted a market survey on the Sterilized Cotton Storages products in order to obtain products that are in accordance with the wishes of the consumers and fulfill the market's dignity, by segmenting, targeting, positioning and then obtaining the location in the dental and oral hospital of the University of North Sumatra with the age of the respondents around 20-30 years, as well as the middle economic level. The sampling technique used is the probability technique with a simple random sampling method with a total of 32 respondents obtained from the calculation of Krisjie Morgan. The results of the distribution of the questionnaire were measured and obtained valid and reliable results. With the help of SPSS software, the position map of the Sterilized Cotton Storages product is located in quadrant B, meaning that the Sterilized Cotton Storages product has the attributes desired by the customer that can satisfy the customer's desires.