Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Survei Pasar pada Desain Produk dari Medic Waste Sterilizer

Authors
  • Eric Damaris Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Felix Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Mutiah Zahro Harahap Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Issue       Vol 3 No 2 (2020): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v3i2.1064
Keywords: Medic Waste Sterilizer Survei Pasar Persaingan Bisnis
Published 2020-11-30

Abstract

Pada era ini, persaingan bisnis sudah tidak asing lagi di telinga para pebisnis. Setiap bisnis pasti memiliki pesaing mereka masing-masing. Bahkan bisnis atau produk yang baru dan inovatif pun suatu saat pasti memiliki pesaing. Sudah menjadi naluri manusia jika melihat suatu bisnis yang lagi tren dan menguntungkan pasti akan ikut membangun bisnis tersebut. Berdasarkan hal tersebut berarti kita tidak bisa terhindar dari yang namanya persaingan bisnis.Dalam persaingan bisnis yang ketat ini maka kita harus melakukan suatu tindakan seperti gencarnya marketing atau melakukan inovasi baru. Tetapi di sisi lain untuk melakukan itu alangkah baiknya jika kita melakukan survei pasar terlebih dahulu untuk mengetahui keinginan konsumen agar kegiatan marketing dan inovasi yang dilakukan dapat tepat sasaran dan tidak membuang waktu dan biaya yang banyak. Perusahaan harus melakukan survei pasar terlebih dahulu sebelum merancang atau mendesain suatu produk agar terhindar dari resiko produk tidak laku. Maka dari itu, Peneliti melakukan survei pasar pad produk Medic Waste Sterilizer, dengan memilih strategi pemasaran pemilihan yaitu lokasi konsumen yang dekat dengan lokasi produksi yaitu Medan dan usia yang dipilih yaitu 20-45 tahun, serta tingkat ekonomi menengah. Teknik sampling yang digunakan ialah teknik probability yaitu dengan metode simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak 32 orang responden yang didapat dari hasil perhitungan Krisjie Morgan. Hasil dari penyebaran kuesioner tersebut diukur dan memperoleh hasil yang valid dan reliable. Dengan bantuan software SPSS, Peta posisi produk medic waste sterilizer terletak pada kuadran B, artinya produk Medic Waste Sterilizer memiliki atribut yang diinginkan oleh pelanggan yang dapat memuaskan keinginan pelanggan.

 

In this era, business competition is already familiar in the ears of the businessmen. Every business must have their competitors each. Even new and innovative businesses or products would someday have competitors. It has become a human instinct to see a more trending and profitable business that will surely build the business. Based on that means we can not avoid the name of business competition. In this tough business competition then we have to do an action like marketing a way or doing new innovations. But on the other hand to do that it would be nice if we do a market survey first to know the wishes of consumers so that the marketing activities and innovations that are done can be precise and do not waste time and cost. The company must conduct a market survey first before designing or designing a product to avoid the risk of unselling products. Therefore, researchers conduct market surveys of the medic waste sterilizer products, by choosing a marketing strategy that is the location of consumers close to the production site of Medan and the chosen age of 20-45 years, and the intermediate level of economics. The sampling technique used is the technique of probability with simple random sampling method with the number of respondents as many as 32 respondents gained from the results of the calculation of Krisjie Morgan. Results from the dissemination of the questionnaire were measured and achieved valid and reliable results. With the help of SPSS software, the position map of the medic waste sterilizer product is located on the B quadrant, which means the product Medic Waste Sterilizer has the desired attributes by customers who can satisfy the wishes of customers.