Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Strategi Pemasaran Dengan Segmentasi, Targeting, dan Positioning dalam Perancangan Produk Pelatih Otot Dada

Authors
  • Aurelia Saputri Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Angelina Sitorus Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Koko Harianto Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Wiro Adiguna Tarigan Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Issue       Vol 3 No 2 (2020): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v3i2.1052
Published 2020-11-30

Abstract

Dalam perancangan produk pelatih otot dada Compact Pectoral Deck Fly, perlu dilakukannya survey pasar. Compact Pectoral Deck Fly merupakan alat olahraga yang dirancang untuk melatih otot dada dengan desain yang ramping sehingga dapat digunakan dimana saja. Sebelum dilakukannya survey pasar, dilakukan terlebih dahulu dilakukan Market share atau disebut juga dengan peluang pasar. Peluang pasar terbagi menjadi 3 yaitu Segmentasi, Targeting dan Positioning. Dalam Segmentasi, kelompok pasar dibagi berdasarkan geografis yaitu Kota Medan, Binjai, Pematang Siantar, Tebing Tinggi, dan Tanjungbalai, berdasarkan demografis yaitu usia 15-30 tahun, 31-50 tahun, dan 51-65 tahun, perempuan dan laki-laki, dan berpenghasilan bawah, menengah dan atas. Dalam Targeting, dipilih lokasi Kota Medan, berusia 15-30 tahun, 31-50 tahun, dan 51-65 tahun, dan berpenghasilan menengah, dan atas. Survei pasar dilakukan dengan penyebaran kuesioner terbuka dan kuesioner tertutup menggunakan metode sampling. Jumlah sampel yang diambil yaitu 32 sampel yang didapat dari metode probability sampling yang merupakan teknik random sampling. Kegiatan penyebaran kuesioner terbuka dan kuesioner tertutup ini dilakukan di Pusat Kebugaran Mustika yang terletak di jalan Pukat Banting II No.48, Medan. Setelah mendapat hasil survei, maka selanjutnya dilakukan pengujian validitas dan pengujian reabilitas terhadap produk pesaing dan produk utama. Hasil dari pengolahan ini akan dijadikan panutan dalam perancangan produk Compact Pectoral Deck Fly.

 

In the product design of Compact Pectoral Deck Fly, it is necessary to do a market survey. Compact Pectoral Deck Fly is a fitness tool used to train the chest muscle and was compactly designed so that it could be use at lots of places. Market share is the first step before market survey was done. Market share are divided into 3 namely Segmentation, Targeting and Positioning. In Segmentation, market groups are divided based on geographic namely Medan City, Binjai, Pematang Siantar, Tebing Tinggi, and Tanjungbalai, based on demographics namely age 15-30 years, 31-50 years, and 51-65 years, women and men, with low, middle and upper income. In Targeting, the location of Medan City is chosen, aged 15-30 years, 31-50 years, and 51-65 years, with middle and upper income. A market survey is done by distributing open and closed questionnaires using the sampling method. The number of samples taken is 32 samples obtained from the probability sampling method which is a random sampling technique. The activities of distributing open and closed questionnaires were carried out at Mustika Fitness Centre, located at Jalan Pukat Banting II No.48, Medan. After obtaining the survey results, the validity and reliability testing of competing products and main products is then performed. The results of this processing will be used as a role model in the design of Compact Pectoral Deck Fly.