Perancangan Dan Pengembangan Produk: Alat Fisioterapi Knee And Leg Brace Dengan Metode Survei Pasar
Authors | ||
Issue | Vol 3 No 2 (2020): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) | |
Section | Articles | |
Section |
Copyright (c) 2020 Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License. |
|
Galley | ||
DOI: | https://doi.org/10.32734/ee.v3i2.1050 | |
Keywords: | Strategi pemasaran segmentasi targeting positioning | |
Published | 2020-11-30 |
Abstract
Setiap perusahaan menyadari bahwa perusahaan tidak dapat memenuhi keinginan semua pembeli di pasar. Dengan jumlah pembeli yang terlalu banyak dan memiliki kebutuhan yang terlalu beragam, perusahaan harus mengidentifikasi bagian pasar yang dapat dilayaninya dengan baik dan paling menguntungkan. Meskipun pemasaran menjadi faktor penting, tidak sedikit perusahaan yang gagal dalam melakukan pemasaran. Untuk mencapai hasil pemasaran yang optimal, pemasaran pertama kali harus terlebih dahulu melakukan segmentasi pasar atas produk yang akan dijual. Segmentasi pasar adalah suatu proses untuk membagi-bagi atau mengkelompok-kelompokkan pasar yang heterogen ke dalam kelompok-kelompok potensi pelanggan (potential customer), yang memiliki kesamaan kebutuhan dan atau kesamaan karakter yang memiliki respon yang sama dalam membelanjakan uangnya. Targeting merupakan proses mengidentifikasi dan menganalisis satu atau beberapa segmen pasar dalam kaitannya dengan pemilihan pasar yang akan dilayani. Positioning merupakan suatu kegiatan merancang penawaran dan citra perusahaan untuk menduduki tempat khusus di benak target pasar yang dituju. Strategi pemasaran yang dilakukan yaitu dilakukan dengan pemilihan lokasi konsumen yang dekat dengan lokasi produksi yaitu kota Medan dan usia yang dipilih yaitu 15 – 45 tahun, serta tingkat ekonomi menengah. Penentuan jumlah sampel menggunakan metode Harry King dan dari hasil perhitungan diperoleh jumlah sampel sebanyak 32 orang dari populasi sebanyak 36 orang. Keseluruhan data yang diperoleh valid dan reliable. Untuk posisi produk dari masing-masing kriteria di mata konsumen adalah produk Knee and Leg Brace Kelompok berada pada kuadran B (Kuadran II), produk pesaing I berada pada kuadran B (Kuadran II), produk pesaing II berada pada kuadran D (Kuadran IV) dan produk pesaing III berada pada kuadran C (Kuadran III).
Every company realizes that the company cannot fulfill the wishes of all buyers in the market. With large amount of buyers and consuments needs, companies must identify the portion of the market that can be serve well and the most profitable. Although marketing is an important factor, not a few companies fail in marketing. To achieve optimal marketing results, marketing must first segment the market for the products to be sold. Market segmentation is a process for dividing or grouping heterogeneous markets into groups of potential customers, who have the same needs and / or similar characters who have the same response in spending money. Targeting is the process of identifying and analyzing one or several market segments in relation to the selection of markets to be served. Positioning is an activity to design a company's offer and image to occupy a special place in the minds of the target market. The marketing strategy is carried out by selecting the location of consumers close to the location of production namely the city of Medan and the selected age is 15 - 45 years, as well as the middle economic level. All data gained are valid and reliable. Determination of the number of samples using the Harry King method and from the calculation results obtained a total sample of 32 people from a population of 36 people. For the product position of each criterion in the eyes of consumers is the Knee and Leg Brace Group product in quadrant B (Quadrant II), competitor product I is in quadrant B (Quadrant II), competitor product II is in quadrant D (Quadrant IV) and competitor III products are in quadrant C (Quadrant III).