Pengembangan Survei Pasar Dari Perancangan Alat Fisioterapi Cpm Knee Dengan Lampu Infrared
Authors | ||
Issue | Vol 3 No 2 (2020): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) | |
Section | Articles | |
Section |
Copyright (c) 2020 Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License. |
|
Galley | ||
DOI: | https://doi.org/10.32734/ee.v3i2.1044 | |
Keywords: | CPM Knee Survey Pasar Kuesioner | |
Published | 2020-11-30 |
Abstract
Sebelum suatu produk dirancang, hendaknya dilakukan terlebih dahulu survey pasar mengenai produk yang akan dirancang. Pada survey pasar ini bertujuan untuk mengetahui produk seperti apa yang memenuhi minat daripada konsumen kedepannya. Untuk melihat minat dan kebutuhan konsumen pada alat yang akan dirancang yaitu CPM Knee , CPM Knee merupakan salah satu alat fisioterapi untuk mengobati cidera yang terjadi pada lutut. Untuk melihat kebutuhan konsumen terhadap CPM Knee, maka perlu dilakukannya survei pasar. Survei pasar dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner terbuka terlebih dahulu kemudian disusul dengan menyebarkan kuesioner tertutup kepada perkembangan dunia industri yang sangat pesat menuntut para pengusaha baik industri kecil, industri menengah maupun industri besar untuk semakin kreatif dalam meningkatkan daya saing dengan para kompetitornya. Beberapa di antaranya adalah dengan melakukan inovasi terhadap produk yang dipasarkan serta melakukan riset pasar terlebih dahulu agar dapat mengetahui minat konsumen terhadap produk tersebut. Inovasi pada produk CPM Knee adalah dengan menambahkan variasi lampu infrared. Penyebaran kuisioner terbuka ditujukan pada objek penelitian seperti dirumah sakit. Kuisioner disebarkan di rumah sakit Columbia asia yang berlokasi dijalan listrik No. 2 A. Strategi pemasaran yang dilakukan yaitu dengan strategi STP (segmentasi, Targetting, dan Positioning). Pemilihan target pasar yaitu kota Medan dan usia yang dipilih yaitu 19- 62 tahun, serta kelompok kelas menengah.Metode sampling yang digunakan adalah metode probability sampling dengan teknik sampling yaitu simple random sampling dimana setiap anggota populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi anggota sampel. Sedangkan untuk penentuan jumlah sampel menggunakan metode Krejcie dan Morgan dan dari hasil perhitungan diperoleh jumlah sampel sebanyak 32 responden.
Before a product is designed, it should be done in advance the market survey of the product to be designed. In this market survey aims to know what kind of products that meet the interest of consumers in the future. In order to see the consumer's interests and needs in the tool to be designed IE Knee CPM, Knee CPMS are one of the physiotherapy tools for treating injuries that occur in the knee. In order to see the needs of a Knee CPM, a market survey should be carried out. The market survey was conducted by spreading the questionnaires first and then followed by spreading a closed questionnaire to the development of an industrial world very rapidly demanding entrepreneurs both small industry, medium industry and large industries to be more creative in enhancing the competitiveness with its competitors. Some of these are by innovating products marketed and conducting market research in advance in order to know the interest of consumers to the product. The innovation of CPM Knee products is by adding variations of infrared lamps. The spread of the questionnaire was open aimed at research objects such as hospitalized. Questionnaire was disseminated at Columbia Asia Hospital located on the Electric Road No. 2 A. The marketing strategy is done with STP strategy (segmentation, Targetting, and Positioning). Selection of target market is the city of Medan and the chosen age is 19-62 years, as well as middle class group. The sampling method used is a probability sampling method with a sampling technique that is simple random sampling where each member of the population has the same opportunity to be selected to be a member of the sample. As for the determination of the number of samples using Krejcie and Morgan methods and from the calculation of the results obtained a sample amount of 32 respondents.