Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Peningkatan Kualitas Sumberdaya Manusia Pelaku Usaha Kacang Arab Melalui Pelatihan Keuangan Sederhana Dan Branding Dengan Pemasaran Online Untuk Memperluas Pangsa Pasar

Improving The Quality Of Human Resources Manufacturers “Kacang Arab” Through Simple Financial Training And Branding With Online Marketing To Expand Market

Authors
  • Bongsu Hutagalung Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara, Medan Indonesia
  • Arif Qaedi Hutagalung Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara, Medan Indonesia
  • Aisyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara, Medan Indonesia
  • Ibnu Austrindanney Sina Azhar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara, Medan Indonesia
Issue       Vol 3 No 2 (2020): Talenta Conference Series: Agricultural and Natural Resources (ANR)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/anr.v3i2.959
Keywords: Kacang Arab Pemasaran Online Kualitas Keuangan sederhana
Published 2020-11-30

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang menjadi mitra adalah pelaku usaha Kacang Arab di Kota Pematang Siantar. Mitra usaha bergerak di sektor kuliner khususnya makanan ringan sejak tahun 2013. Jenis makanan ringan yang diproduksi adalah Kacang arab. Mitra merupakan usaha milik pribadi dengan modal pribadi pula, proses produksi dilaksanakan di rumah dengan bantuan beberapa pegawai dan peralatan yang masih sederhana, belum memiliki pembukuan yang rapi, kemasan yang masih sederhana serta akses pemasaran yang masih terbatas. Sementara dari sisi manajemen pemasaran, aspek promosi dan desain kemasan produk butuh lebih diperhatikan. Promosi yang kurang membuat produk mitra belum dapat bersaing dengan produk makanan ringan yang diproduksi usaha besar dan belum dikenal di kalangan masyarakat kota Pematang Siantar. Mitra masih menggunakan alat yang sederhana sehingga produksi kacang arab yang dihasilkan belum optimal dalam kuantitas maupun kualitas produksi, sehingga kacang arab Bu Aida masih kurang popular dibandingkan perusahaan yang sudah besar. Penjualan dan pemasaran secara online pun belum dilakukan secara serius. Peningkatan dalam merancang pembukuan sederhana yang baik dalam pengelolaan keuangan. Selain itu mengevaluasi peningkatan kualitas dan kuantitas produksi kacang arab setelah memakai teknologi pengeringan dan pembuatan bungkus yang baik, serta pengembangan produk melalui branding dan pemasaran online. Bahan evaluasi diperoleh dengan melakukan pengamatan dan pengumpulan informasi dan data keuangan, dan saran mitra

 

The Small and Medium Enterprises that are partners are the Kacang Arab business in Pematang Siantar City. Business partners are engaged in the culinary sector, especially snacks since 2013. Types of snacks produced are Kacang Arab. Partners are privately owned businesses with private capital as well, the production process is carried out at home with the help of a number of employees and equipment that is still simple, does not have neat bookkeeping, simple packaging and limited marketing access. While in terms of marketing management, aspects of promotion and product packaging design need more attention. The lack of promotion makes partner products unable to compete with snack products produced by large businesses and are not yet known among the people of Pematang Siantar. Partners still use simple tools so that the production of kacang arab produced has not been optimal in terms of quantity or quality of production, so that Bu Aida's kacang arab are still less popular than big companies. Online sales and marketing have not been taken seriously yet. Improvement in designing simple bookkeeping that is good in financial management. Besides evaluating the quality and quantity improvement of kacang arab production after using good drying and packaging technology, as well as product development through online branding and marketing. Evaluation material is obtained by observing and gathering financial information and data, and partner advice